Detektor Logam Resmi Dibongkar Dari Situs Suci, Israel Siapkan Langkah Lain

Diposting oleh On July 25, 2017

sempaja.com. Langkah itu diambil Kabinet Keamanan Israel melakukan pemungutan suara pagi tadi untuk menghapus metal detector atau detektor logam dan menggantinya dengan bentuk pengawasan lain yang tidak terlalu menonjol. 

Sebuah pernyataan dari kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa kabinet keamanan menerima rekomendasi semua badan keamanan untuk mengubah inspeksi dengan detektor logam ke inspeksi keamanan berdasarkan teknologi maju dan cara lain. 

Dikabarkan BBC, anggaran 100 juta shekel atau setara dengan 28 juta dolar AS telah dialokasikan untuk membayar peralatan baru yang akan dipasang pada enam bulan ke depan. Selain itu, akan ada petugas polisi tambahan di lokasi.

Pemasangan detektor logam tersebut telah memicu kemaragan warga Palestina yang menilai bahwa Israel tengah berupaya menguasai kawasan suci tersebut. 

Pemasangan detektor logam sendiri dilakukan pasca bentrok 14 Juli lalu di dekat lokasi di mana dua polisi Israel dibunuh. Israel mengklaim bahwa pemasangan detektor logam itu adalah untuk meningkatkan keamanan. 

Namun hal tersebut memicu kontroversi di mana warga Palestina melakukan aksi unjuk rasa penolakan dan juga sejumlah aksi solidaritas di sejumlah wilayah di seluruh dunia. [mel]

Sumber : rmol

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »